SEBAGAI UCAPAN TERIMA KASIH SILAHKAN BERI COMENT

DOWNLOADS GRATIS

Jumat, 25 November 2011

Cara Karyawan Bisa Naik Gaji Empat Kali dalam Setahun


Cara Karyawan Bisa Naik Gaji Empat Kali dalam Setahun
Membuat Nilai Tambah
Nilai tambah pertama yang harus selalu ada adalah bisa dipercaya. Bila kita ketahuan
melakukan penggelapan, manipulasi, atau penipuan di perusahaan, baik besar maupun kecilkecilan,
sudah pasti kita sulit dipromosi atau naik gaji secara maksimal. Bisa dipercaya adalah
fondasi yang paling mendasar di seluruh bidang kehidupan. Bayangkan apabila Anda seorang
pemilik perusahaan atau seorang atasan yang membutuhkan karyawan untuk dipromosi dan diberi
tanggung jawab yang lebih besar, atau bahkan untuk diajak menjadi partner. Sudah pasti yang
dipilih adalah orang yang dapat dipercaya.
Nilai tambah yang kedua, kita harus menghasilkan lebih daripada yang kita terima, lebih dari
karyawan yang lain. Yang dimaksud lebih dari yang kita terima adalah bila gaji kita 100, kita harus
memberi lebih dari 100 dan bila kita hanya memberi 100, kita pas dan layak untuk tidak naik gaji.
Yang dimaksud lebih dari karyawan yang lain adalah memberikan kinerja yang lebih hebat daripada
sesama karyawan pada level yang sama. Kenapa kita layak untuk naik gaji setahun empat kali?
Karena kita mempunyai prinsip 1-3-5. Yaitu 1 karyawan digaji 3 kali lipat dari rata-rata karena
mempunyai produktivitas 5 kali lipat dari rata-rata.
Perlu selalu diingat, prinsip mengenai nilai tambah:
Hidup adalah nilai tambah, tapi kalau semua hidup, berarti hidup bukan lagi nilai tambah
melainkan nilai standar.
Jujur adalah nilai tambah, tapi kalau semua jujur, berarti jujur bukan lagi nilai tambah
melainkan nilai standar.
Mencapai target 100% adalah nilai tambah, tapi kalau semua mencapai target 100%,
berarti mencapai target 100% bukan lagi nilai tambah melainkan nilai standar.
Untuk bisa lebih daripada karyawan lain, kita harus menggunakan jurus ATM (Amati, Tiru,
Modifikasi). Setiap ada karyawan lain, cabang lain, perusahaan lain yang lebih sukses, amati
secara detail, teliti bagaimana bisa meniru, dan kalau perlu melakukan modifikasi tertentu dengan
cara mengubah atau rnenambahkan sesuatu.
Nilai tambah yang ketiga adalah inisiatif untuk menyelesaikan masalah. Tidak perlu
menunggu sampai disuruh. Hindari kecenderungan untuk menyalahkan orang lain, atasan, situasi,
anak buah, tetapi tunjukkan inisiatif untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ketika kita tahu ada
yang tidak beres, kita tidak BEJ (Blame, Excuse, Justify) tapi berinisiatif untuk menyelesaikan
masalah.
Nilai tambah yang keempat adalah berperilaku menyenangkan. Jaga penampilan,
kedisiplinan, kesopanan, omong balk di depan dan di belakang. Orang yang omong jelek di
belakang sama sekali tidak menyenangkan.
Mengomunikasikan Prestasinya kepada Orang yang Tepat
Bila kita sudah mempunyai nilai tambah, kita harus komunikasikannya. Orang yang
mempunyai nilai tambah yang lebih dari karyawan lain yang tidak mengomunikasikan tetap bisa
naik gaji dan dipromosikan, tapi akan makan waktu lebih lama.
Komunikasikan hal itu kepada orang yang tepat, yaitu atasan atau pemilik perusahaan.
Kalau kita hanya mengomunikasikan prestasi kita kepada prang yang tidak tepat, kita hanya
mendapat pujian "Wah... hebat", tetapi tidak naik gaji dan dipromosikan.
Mencapal Prestasi itu Berkali-kali
Kita akan dipromosikan bila mencapai prestasi berkali-kali (dalam jumlah yang banyak,
mungkin juga dengan perusahaan yang lain).Bila kita mengomunikasikan prestasi kita kepada
atasan kita sendiri, bisa jadi atasan kita masih tenang-tenang saja, dan kita tidak mendapatkan
kenaikan gaji atau promosi. Sebaliknya, bila banyak prang dari pemilik perusahaan atau atasan
perusahaan yang lain mengetahui nilai tambah kita, kita akan menerima banyak tawaran
kenaikan gaji dan promosi dari luar.
Saran saya: biarkan atasan kita sendiri tahu adanya penawaran dari perusahaan atau
atasan yang lain, sehingga kita akan jadi rebutan. Selalu ingat prinsip ini yang sudah kita ungkap di
atas: kalau kita mau menjual, yang beli minimal harus ada dua; kalau kita mau membeli, yang jual
minimal harus ada dua.
Dengan Cara yang Tepat
Yang dimaksud dengan cara yang tepat adalah isinya tepat, sarananya tepat, waktu dan
tempatnya tepat.
Isi yang tepat: Bila mau usul, selalu gunakan kata-kata,
"Menurut pengalaman Bapak..., bila kita melakukan .... (isi sendiri usulan Anda), mungkinkah
kita menjadi seperti .... (isi sendiri hasil yang Anda perkirakan)."
Bila tidak setuju dengan pendapat atasan kita, gunakan pihak ketiga. Contoh: "Menurut
pengalaman Bapak... misalnya ada customer yang keberatan akan (isi sendiri keberatan Anda)
kita sebaiknya harus bagaimana?"
Bila mau mengomunikasikan nilai tambah kita, katakan: "Selamat Pak! Berkat Bapak bulan ini
kita mencapai .... (isi prestasi yang sudah Anda capai)."
Sarana yang tepat adalah bertemu, komunikasi empat mata. Presentasikan prestasi Anda
pada waktu rapat tahunan. Ikuti perkumpulan asosiasi manajer atau bisnis, sehingga Anda
diketahui orang banyak.
Waktu dan tempat yang tepat adalah ketika mood atasan Anda sedang baik. Bagaimana bisa
tahu hal itu? Tanyakan pada sekretarisnya!

0 komentar:

Posting Komentar

TAMOE

ALEXA KEY

Total Tayangan Halaman

Protected by Copyscape Plagiarism Finder

VISITOR

kumpulblogger.com

About Me

Foto Saya
saya seorang pekerja keras yang tidak mau bermalas-malasan seperti pepatah bilang larilah kamu dengan cepat jgn pernah menoleh kebelakang karna kesuksesan itu ada ada didepan anda..
  • Recent Posts

Adhitz.Daftar per klik Rp.100

Connect With Us

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Recent Posts

Tinggal Klik

Web Hosting

KONSULTASIKAN PERMASALAHAN HANDPHONE

BAGI ANDA YANG MEMPUNYAI PERMASALAHAN HANDPHONE BISA LANGSUNG KIRIM PESAN KE EMAIL hendriehens@gmail.com"
SELAMAT DATANG DI REYHANSPONSELBASIRIH.BLOGSPOT.COM

AMAZONE.COM

DAFTAR DISINI UNTUK PENGHASILAN POSTING DARI BLOG ANDA

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com
Program Affiliate Indowebmaker

Cari Blog Ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons